Wakaf Produktif Bisa Jadi Solusi Dalam Pengentasan Kemiskinan

Wakaf Produktif Bisa Jadi Solusi Dalam Pengentasan Kemiskinan

Wakaf produktif adalah sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut, hingga mampu menghasilkan surpl

Kalisa Bisa Jadi Solusi Memulihkan Ekonomi Masyarakat Ditengah Wabah Covid-19
Sertifikasi Tanah Wakaf Alami Peningkatan Ratusan Persen
Kisah Sedekah Mampu Menolak Balak Pada Zaman Nabi Sulaiman

Wakaf produktif adalah sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut, hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan. Wakaf Produktif dapat berupa benda bergerak, seperti uang dan logam mulia, maupun benda tidak bergerak, seperti tanah dan bangunan. Surplus wakaf produktif inilah yang menjadi sumber dana abadi bagi pembiayaan kebutuhan umat, seperti pembiayaan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Wakaf produktif itu harus menghasilkan. Karena wakaf dapat memenuhi tujuannya jika telah menghasilkan, dimana hasilnya dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya.

Baca Juga: Apa Itu Wakaf Produktif?

Program wakaf produktif menjadi inisiatif baru pengembangan Wakaf, agar lebih bermanfaat di masyarakat. Istilah wakaf produktif merujuk pada skema pengelolaan wakaf. Harta benda yang diwakafkan digunakan dalam kegiatan produksi dan hasilnya di salurkan sesuai dengan tujuan wakaf.

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI), Mohammad Nuh mengatakan wakaf produktif telah terbukti mampu menjadi instrumen kesejahteraan. Sebab model wakaf produktif bukan hanya sekedar ada aktivitas pengumpulan wakaf, namun juga bermanfaat dan lebih besar lagi bagi umat dan bangsa.

” Yang kita inginkan bukan sekedar ada, tapi adanya itu hasil wakaf yang bisa membebaskan kemiskinan, tapi sekaligus berkelanjutan, atau terus menerus bermanfaat untuk jangka panjang. Dan itulah yang membedakan wakaf produktif, dengan zakat dengan infaq,” kata M.Nuh, dikutip dari data BWI, Kamis (07/11/2019).

Penulis : Taufiq Hidayat
Editor   : Khayun

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar
    Misbah 4 tahun ago

    Saya sangat setuju dan mendukung dana² wakaf digunakan pemberdayaan disektor pertanian, peternakan, perikanan dan usaha² kecil (usaha micro).
    Pengalaman saya dalam mendampingi kelompok masyarakat diprogram pemberdayaan laz Al Azhar, progam tsb sangat membantu dan tepat sasaran.

DISQUS: 0