Komunitas Muslim RI di Inggris Luncurkan Program Pembangunan Masjid Berbasis Wakaf

Komunitas Muslim RI di Inggris Luncurkan Program Pembangunan Masjid Berbasis Wakaf

Dukungan wakaf untuk masjid Indonesia pertama di London mengalir dari komunitas muslim RI yang bermukim di Inggris Raya. Masjid tersebut rencananya ak

Berbagi Iftar Melalui Program Wakaf Produktif
Wakaf Produktif Bisa Menjadi Part of Solution
Wakaf Lahirkan Banyak Perguruan Tinggi Islam Ternama

Dukungan wakaf untuk masjid Indonesia pertama di London mengalir dari komunitas muslim RI yang bermukim di Inggris Raya. Masjid tersebut rencananya akan berdiri tidak jauh dari stadion sepak bola Wembley, London.

Guna mempercepat agenda tersebut, komunitas muslim di sana menyelenggarakan wakaf mozaik bersama KBRI London, PCINU United Kingdom, IIC London, PCI Muhammadiyah UK, KIBAR, Muslimat United Kingdom, dan masyarakat lainnya pada Minggu (09/01/2022).

Perhelatan ini turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Duta Besar Indonesia di London Desra Percaya, dan Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Ketua IIC Memet Purnama Hasan, Ketua KIBAR UK Rudatin, Ketua PCINU UK Shandy Adiguna, Ketua Muhammadiyah UK Miftahul Ulum, dan mantan Ketua PPI UK Gatot Subroto, serta panitia pembangunan masjid Eko Kurniawan juga tidak ketinggalan.

Duta Besar Indonesia di London Desra Percaya menyatakan, pendirian masjid ini tidak hanya ditujukan sebagai tempat ibadah. Melainkan juga untuk meningkatkan relasi baik antara Indonesia dan Inggris Raya.

“Masjid ini juga akan mendukung peningkatan hubungan yang baik, tidak hanya masyarakat Indonesia setempat, tapi juga masyarakat setempat, khususnya di bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial. Serta terus mempromosikan toleransi, serta saling menghormati, antar umat beragama, menunjukkan wajah Islam yang betul-betul rahmatan lil-alamin. Serta membangun citra baik Indonesia, di mata internasional,” ucap Desra melalui rilis yang diterima wartawan. Minggu (09/01/2022).

Dirinya menyebutkan kegiatan wakaf mozaik ini adalah ikhtiar bersama membangun masjid Indonesia di London. “Bulan Desember lalu, kita bersama-sama menyelenggarakan program wakaf Gotong Royong, terima kasih mas Shandy Adiguna (PCINU UK) dan masyarakat lainnya. Serta sudah terkumpul lebih dari 13 ribu penyumbang, dari Inggris Raya, Indonesia maupun belahan bumi lainnya,” imbuhnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan dukungannya secara penuh atas agenda ini. Menurutnya, niat baik harus didukung.

“Ada sebuah kebanggaan jika warga Indonesia menginisiasi masjid ini. Niat baik tentu harus didukung. Kita akan mendukung masjid Indonesia di London dan Britania Raya, jelas Sandiaga. Selain itu, pihaknya juga mendukung agar masjid Indonesia di London ini juga menjadi bagian untuk etalase wisata halal Indonesia, bagi publik dunia,” ujar Sandiaga.

Aa Gym juga menyampaikan, program wakaf masjid adalah jalan kecerdasan untuk umat muslim Indonesia. “Siapakah muslim yang paling cerdas? Rasulullah menjelaskan bahwa muslim yang paling cerdas itu yang banyak mengingat kematian dan paling bagus persiapannya menghadapi kematian,” tutur Aa Gym.

Dirinya berujar, jalan terbaik adalah insan yang mempersiapkan bekal terbaik menuju kematian. “Jadi yang penting dalam hidup kita ini, kita mempersiapkan yang terbaik, yang bisa menjadi bekal dalam hidup kita yang langgeng nanti,” pungkasnya.

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar
    Agus Kuncoro 2 tahun ago

    Apakah saya bisa menjadi takmir/marbot di masjid yg berada di UK?
    Langkah apa yang harus saya lakukan?
    Terimakasih banyak atas informasinya

DISQUS: