Pesantren Tahfidz Fajrul Amanah Resmikan Program Wakaf Produktif Bersamaan Acara Wisuda Santri

Pesantren Tahfidz Fajrul Amanah Resmikan Program Wakaf Produktif Bersamaan Acara Wisuda Santri

Pesantren Tahfidz Fajrul Amanah melakukan peresmian Wakaf Produktif berupa  pembibitan kolam ikan gurami dan lele di tanah pesantren 2000 meter perseg

Bila Terjadi Resesi, Wakaf Uang Bisa Menjadi Solusi Pemenuhan Kebutuhan Umat
Wakaf Berpotensi Besar Dikembangkan untuk Ekonomi Masyarakat
Saat Krisis Ekonomi Wakaf Bisa Jadi Solusi Pembiayaan

Pesantren Tahfidz Fajrul Amanah melakukan peresmian Wakaf Produktif berupa  pembibitan kolam ikan gurami dan lele di tanah pesantren 2000 meter persegi yang berisikan 12 kolam ikan di Gunung Putri, Kabupaten Bogor , Jawa Barat  pada Sabtu (19/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Dr. Ir. Agus Priyatno. MM selaku Ketua Yayasan Fajrul Amanah menyampaikan bahwa kolam pembibitan ikan ini sebagai media menggerakkan potensi ekonomi pesantren agar pesantren memiliki kemandirian ekonomi dan menjadi pusat pengembangan skill entrepreneurship berbasis manajemen wakaf kontemporer.

“Wakaf Produktif pembiban ikan lele ini untuk mewujudkan kemandiarn pesantren sekaligus tempat pembelajaran skill entrepreneurship berbasis manajemen wakaf bagi para santri,” Ujar Dr. Agus.

Lebih lanjut, Dr. Agus Pria kelahiran asal Kabupaten Tegal yang juga komisioner Badan Wakaf Indonesia itu, menyampaikan bahwa pesantren  sudah saatnya bukan hanya menjadi tempat pembibitan para Ulama dan calon pemimpin bangsa masa depan tetapi menjadi penggerak roda ekonomi ummat agar kesenjangan antar klas bisa dijembatani salah satunya adalah melalui instrument wakaf produktif. Wakaf Produktif sekarang mampu menjadi solusi penyangga ekonomi ummat melalui berbagai model bisnis seperti property, rumah sakit, restaurant, agrobisnis termasuk melalui saham, deposito dan sukuk.

“Pesantren juga bisa menjadi instrumen penggerak roda ekonomi dengan mengelola wakaf produktif, “ ujar Dr. Agus.

Sebelum peresmian Wakaf Produktif pembibitan  ikan lele, ditempat yang sama Pesantren Tahfidz Fajrul Amanah Gunung Putri, Bogor menggelar acara wisuda santri penghafal Al Qur’an pada Sabtu (19/11/2022).

Pada acara yang berlangsung meriah itu, sebanyak puluhan santri telah lulus ujian qiroati, ujian makhorijul huruf dan kelas tahfidzul Qur’an.

Pesantren Tahfidz Fajrul Amanah sampai saat ini telah mendidik dan meluluskan ribuan santri sejak tahun 2000-an ini secara rutin melaksanakan acara Khotmul Qur’an yang dihadiri oleh para Ulama, Pejabat dan tokoh masyarakat.

Pesantren Fajrul Amanah selain mencetak para penghafal Al Qur’an yang bersanad dan mutqin juga dibekali ketrampilan berbahasa asing yakni Bahasa arab inggris  dan membaca kitab klasik khas pesantren salafiyah dan berbagai skill yang dibutuhkan di masa datang. Diharapkan para santri memiliki wawasan terbuka dan siap beradaptasi dengan perkembangan global masyarakat dunia yang terus berubah termasuk mengadaptasikan perwakafan kontemporer di kalangan pesantren dan masyarakat umum.

Selain acara wisuda,  juga dilakukan penyerahan Akta Ikrar Wakaf (AIW) tanah pesantren dari wakif KH Dr. Ir . Agus Priyatno. MM kepada nadzir Faiz Rauzan S.Kom selaku Ketua Yayasan Fajrul Amanah di depan petugas PPAIW dari KUA Kecamatan Gunung Putri Silahudin S.Ag.  Penyerahan Akta Ikrar Wakaf disaksikan oleh Perwakilan BWI Pusat Jauhar Arifin SH, Pejabat Kecamatan, Kepala Desa Tlajung Udik dan Iddy Muzayyad mewakili Pengurus Forum Jurnalis Wakaf (Forjukafi).

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: