Wakaf Salman Resmikan Masjid Syekh Ajlin Gaza, Bukti Persaudaraan Indonesia-Palestina

Wakaf Salman Resmikan Masjid Syekh Ajlin Gaza, Bukti Persaudaraan Indonesia-Palestina

Kamis (17/11/2022), syukur bertabur di tanah Gaza, Palestina. Untuk pertama kalinya 1,6 juta Muslim di sana bisa kembali bersujud di dalam masjid deng

Apresiasi BWI Kembangkan Wakaf Produktif
Pengelolaan Wakaf di Arab Saudi
Model Pemberdayaan Dana Wakaf

Kamis (17/11/2022), syukur bertabur di tanah Gaza, Palestina. Untuk pertama kalinya 1,6 juta Muslim di sana bisa kembali bersujud di dalam masjid dengan nyaman. Setelah akhirnya pada 17 November 2022 Masehi atau 22 Rabi’ul Akhir 1444 Hijriah, Masjid Syekh Ajlin Gaza diresmikan.

Melalui acara Soft Launching Masjid Syekh Ajlin Gaza bertajuk “Bukti Persaudaraan Bangsa Indonesia untuk Palestina”, sekitar 200 tamu undangan dari Indonesia dan Palestina hadir. Seluruhnya bersama-sama menyaksikan buah manis perjuangan akses ibadah dan kehidupan yang layak untuk masyarakat Palestina. Sejumlah tokoh yang turut serta dalam acara di antaranya, Dr. Abdul Hadi Al Agha sebagai Wakil Sekda Kementerian Wakaf dan Agama Palestina, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. sebagai Gubernur Jawa Barat sekaligus desainer Masjid Syekh Ajlin Gaza, Ir. Oemar Seyam sebagai CEO Aman Palestin Global,  Prof. Dr. Ir. Suwarno, M.T. sebagai Ketua YPM Salman ITB, dan Ir. Hari Utomo sebagai Direktur Utama Wakaf Salman ITB.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Allah Ta’ala karena masjid ini mendatangkan cahaya kepada kami. Spirit pembebasan Masjidil Aqsa berasal dari masjid-masjid yang dibangun (salah satunya Masjid Syekh Ajlin Gaza ini). Masjid ini menjadi jalinan hubungan baik antara Malaysia, Indonesia, dan Palestina,” sambut Dr. Abdul Hadi Al Agha.

Seperti yang tercatat dalam sejarah bahwa Masjid Syekh Ajlin (dahulu Abu Jehad) hancur rata dengan tanah akibat agresi militer Israel, pada tahun 2014 lalu. Sekitar 2200 orang meninggal dunia dalam tragedi musim panas itu, termasuk 551 diantaranya adalah anak-anak. Kembali berdirinya masjid ini, serupa simbol bagi harapan kemenangan masyarakat Palestina yang dibersamai masyarakat Indonesia untuk terlepas dari belenggu penjajahan Zionis. Selain itu juga, diharapkan menjadi simbol perdamaian internasional.

“Masjid ini akan menjadi tempat bagi anak-anak Gaza untuk kelak dapat membebaskan Palestina,” ungkap Ustadz Roji Hamas dalam Pidato Kebangsaan Perdamaian Internasional langsung dari Gaza, Palestina. 

Dahulu Masjid Syekh Ajlin Gaza hanya dapat menampung 512 jemaah, kini 3 tingkat masjid yang meliputi juga tempat belajar Al-Qur’an dan klinik kesehatan, berdaya tampung hingga 2000 jemaah.

Adapun pembangunan Masjid Syekh Ajlin Gaza meninggalkan jejak perjuangan sejak tahun 2016 hingga tahun 2022 ini bisa diresmikan. Total dana tersalurkan dari para wakif/donatur Wakaf Salman ITB selama itu yakni 197.835,89 USD. Wakaf Salman ITB berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut terlibat dalam pembangunan masjid ini termasuk di antaranya Aman Palestin, Panitia Rekonstruksi Masjid Syekh Ajlin Gaza yang diketuai oleh Ust. Mustofa As Showaf, Kementerian Wakaf Palestina, hingga Ketenagakerjaan Palestina yang dikepalai oleh Ust. Ashom Ad Da’lis.

Ir. Oemar Seyam menitipkan pesan, “Terima kasih kepada salah satu mitra utama kita, wakif & donatur Wakaf Salman ITB yang telah terhubung dengan kami dari awal pembangunan masjid sampai diresmikan.”

Setelah acara peresmian Masjid Syekh Ajlin Gaza, jemaah langsung menunaikan ibadah shalat lima waktu pertama kali. Kini adzan di tanah Gaza bertambah nyaring. Jemaah sekitar yang terdiri dari masyarakat setempat, mereka yang beraktivitas di tepian pantai, dan mereka yang melalui lintas jalan besar di depan masjid telah  bisa menunaikan shalat berjamaah kembali dengan mudah di Masjid Syekh Ajlin setelah menanti 8 tahun lamanya.

Terakhir doa dari Gubernur Jawa Barat, “Kami sampaikan terima kasih untuk para donatur. Mudah-mudahan Allah Ta’ala segera memberikan anugerah kemerdekaan kepada bangsa Palestina dan memberikan kedamaian bagi dunia. Semoga Allah selalu memberkahi dan meridhoi kita semua.”

 Selanjutnya, Wakaf Salman membuka peluang kepada Bapak/Ibu Sahabat Wakaf untuk bisa beramal jariyah dengan memudahkan akses air bersih untuk Palestina. Sebagaimana program sumur wakaf telah menjangkau Afrika dan berbagai pelosok Indonesia, mari wujudkan juga Sumur Wakaf untuk Palestina #pastimakinmanfaat

Seputar Sumur Wakaf untuk Palestina, klik di sini atau silakan hubungi 0811-2441-444.

Reporter : R. Ika Lestari Widianti/Wakaf Salman ITB
Sumber Rilis : Wakaf Salman

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: