Perwakilan BWI Kota Batam Dilantik

Batam - Walikota Batam Ahmad Dahlan melantik Bustamin Husein sebagai Ketua Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Batam periode 2011-2015. Pelant

Alumni IPB Galang Wakaf Uang untuk Pembangunan Masjid
RI-Sudan Perkuat Kerja Sama Bilateral
Ingin Majukan Wakaf, MUI Siak Konsultasi ke BWI

Batam – Walikota Batam Ahmad Dahlan melantik Bustamin Husein sebagai Ketua Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Batam periode 2011-2015. Pelantikan Bustamin Husein sebagai Ketua BWI Kota Batam dilakukan oleh Ketua BWI Provinsi Kepri Razali Jaya di Gedung Pemko Batam, (31/3).

Hadir dalam pelantikan tersebut, sejumlah pimpinan organisasi Islam dan unsur Muspida Kota Batam. Serta dihadiri Ketua BWI Pusat, Tholhah Hasan yang juga mantan Menteri Agama RI.

Kepada para pejabat yang dilantik, Ahmad Dahlan menyampaikan selamat dan berpesan agar dapat menjalankan amanah dengan baik, terutama dalam menggali potensi zakat maupun wakaf di Kota Batam secara maksimal. “Batam sangat potensial sebagai gerakan zakat dan wakaf di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Dahlan, Batam merupakan daerah berkembang dengan jumlah umat Islam mayoritas. Jika potensi zakat ini dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik, maka akan semakin meningkatkan manfaat bagi umat. Untuk itu, kata dia, semangat untuk berbagi di kalangan umat Islam di Kota Batam harus terus ditingkatkan.

Sementara itu, Tholhah Hasan menjelaskan, terdapat perbedaan dalam pengelolaan zakat dan wakaf. Dimana jika zakat bisa langsung dimanfaatkan dari muzakki ke masyarakat, sedangkan pemanfaatan wakaf dilakukan melalui investasi.

Selama ini, keberadaan wakaf telah memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat. Seperti investasi di bidang pendidikan melalui pembangunan sekolah, investasi di bidang ekonomi dengan mendirikan bank dan minimarket, investasi di bidang kesehatan dengan membangun klinik ataupun rumah sakit serta lainnya.

Pengelolaan wakaf juga lebih modern, tidak sekedar wakaf tanah dan kuburan sebagaimana masa lalu. Namun juga wakaf benda bergerak dan wakaf uang yang dikelola secara produktif bagi kemajuan dan peningkatan ekonomi umat serta kemajuan kesejahteraan umum lainnya. “Rencananya, BWI juga akan membangun monumen wakaf di Kota Batam, sebagai tonggak kebangkitan ekonomi Islam di Indonesia,” ujarnya. [gus/inilah]

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: