Permudah Pelaporan Nazhir, BWI Bersama FEB UGM Launcing Aplikasi Sistem Akuntansi dan Manajemen Wakaf

Permudah Pelaporan Nazhir, BWI Bersama FEB UGM Launcing Aplikasi Sistem Akuntansi dan Manajemen Wakaf

Permudah Pelaporan Nazhir, BWI Bersama FEB UGM Launcing Aplikasi Sistem Akuntansi dan Manajemen Wakaf Badan Wakaf Indonesia (BWI) bekerjasama denga

Pentingnya Wakaf, Peran Nazhir Harus di Optimalkan
BWI Kerjasama WMI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Nazhir
Update! Daftar Nazhir Wakaf Uang Oktober 2023

Permudah Pelaporan Nazhir, BWI Bersama FEB UGM Launcing Aplikasi Sistem Akuntansi dan Manajemen Wakaf

Badan Wakaf Indonesia (BWI) bekerjasama dengan  Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM meluncurkan aplikasi SAMAWI (Sistem Akuntansi dan Manajemen Wakaf Indonesia) di Kampus UGM, Yogyakarta pada Selasa (13/06/2023).

Dalam peluncuran aplikasi SAMAWI, BWI juga melakukann penandatanganan MOU dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang digelar di Gedung Pusat Pembelajaran FEB UGM, pada Selasa (13/6/2023).

Aplikasi SAMAWI (Sistem Akuntansi dan Manajemen Wakaf Indonesia) merupakan salah satu output dari riset Tim Peneliti ENTROPY (Enhancing the Role of Islamic Philanthropy in Alleviating the Economic Impacts of Covid-19 Outbreak) yang diketuai oleh Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Prof. Mahfud Sholihin, Ph.D., dan didanai oleh LPDP.

Prof. Mahfud Sholihin, Ph.D. dalam acara press conference peluncuran aplikasi SAMAWI, menyatakan bahwa kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat membantu para nazhir untuk memudahkan pengelolaan wakaf.

Sebagai informasi, nazhir adalah pihak yang menerima harta benda wakaf dari wakif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan peruntukannya.

“Aplikasi ini insya Allah membantu para nazhir untuk memudahkan pengelolaan wakaf, melaporkan wakaf sesuai dengan pernyataan standar akuntansi keuangan nomor 112,” tutur Mahfud.

Menambahkan, Ketua Badan Pelaksana BWI, Prof. De. Ir. H. Mohammad Nuh, D.E.A., menyatakan bahwa peluncuran aplikasi ini turut menjadi sosialisasi perwakafan supaya seluruh mahasiswa, dosen, karyawan, dan tenaga kependidikan dapat memahami wakaf.

Dalam keterangannya, UGM akan menempatkan sebagian dana abadinya untuk dikelola Badan Wakaf Indonesia melalui instrumen cash waqf linked sukuk, yaitu instrumen yang diterbitkan oleh kementerian keuangan sejak tahun 2019 lalu.

“Cash waqf linked sukuk ini beberapa perguruan tinggi juga sudah mulai menempatkan, mulai dari ITS, IPB, ITB, UNPAD, dan UNDIP. Insya Allah dalam waktu dekat, tidak terlalu lama lagi akan ada UGM. Ini kita fokuskan pada perguruan-perguruan tinggi yang PTNBH,” terang Prof. Mohammad NUH.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 1
DISQUS: